Kamis, 01 Maret 2012

Profil Negara Kamboja


NEGARA KAMBOJA

Nama resmi                : Kingdom of Cambodia
Bentuk Negara             : Kerajaan Konstitusional
Ibukota                        : Phnom Penh
Tahun Merdeka           :195
Kepala Negara             : Raja Norodom Sihamoni
Kepala Pemerintahan              : PM Hun Sen
Luas Wilayah               : 181.035 sq km
Iklim                            : Tropis
Agama                         : Budha
Bahasa Nasional         : Khmer
Lagu Nasional                         : Nokor Reakh
Hari Nasional              : 9 November
Pembagian wilayah    : Kamboja dibagi menjadi 20 Provinsi & 4 Kota praja. Daerah Kamboja kemudian dibagi menjadi Distrik, komunion . distrik besar,dan kepulauan.

LETAK ASTRONOMIS DAN GEOGRAFIS
Negara kamboja terletak antara 10 LU- 14LU dan 102,5 BT- 107,5 BT. Dengan Luas sekitar 181,035 Km2.

BENTANG ALAM
Kamboja berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Sungai Mekong dan Danau Tonle Sap melintasi negara ini.
KONDISI IKLIM
Wikayah kamboja beriklim tropis, bulan November-Mei merupakan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari bulan Mei-Oktober. Suhu udara berkisar antara 20- 36. Musim hujan sangat diperlukan untuk budidaya tanaman padi. Pada saat musim hujan, Danau Tonle Sap yang merupakan danau terbesar dikamboja meluas hingga sekitar 8 kali ukuran saat musim kemarau.

GEOGRAFI
Kamboja mempunyai area seluas 181.035 km2. Kenampakan geografis yang menarik di Kamboja ialah adanya dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. Gunung tertinggi di Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral yang berketinggian sekitar 1.813 mdpl.
EKONOMI
      Agrikultur menjadi andalan utama kehidupan ekonomi masyarakat Kamboja terutama bagi masyarakat desa, selain itu bidang pariwisata dan Tekstil juga menjadi bidang andalan dalam perekonomian di Kamboja.
      Perlambatan ekonomi pernah terjadi pada masa Krisis Finansial ASIA. Investasi asing dan turisme turun dengan sangat drastis, kekacauan ekonomi mendorong terjadinya kekerasan dan kerusuhan di Kamboja.
POLITIK
Berdasarkan konstitusi 1993, Kamboja adalah negara kerajaan yang menganut sistem demokrasi liberal, pluralisme dan ekonomi pasar. Raja Kamboja menjabat
Kepala Negara menjabat sebagai Kepala Negara, tetapi tidak memerintah. Pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri dengan dibantu oleh para menteri yang tergabung dalam Dewan Menteri .
PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk alami dinegara ini  sekitar 1,7%. Sebagian penduduknya merupakan suku bangsa Khmer 90%, terdapat pula suku bangsa cina 1%., vietnam 5%. Dan lainnya 4%.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bukannya lagu kebangsaanya Our Country yh

Posting Komentar